7 Cara Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa -->

7 Cara Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa

Ronald Davincie

 




 Ketika menjalankan puasa di bulan Ramadhan tantangan terberat adalah menahan lapar dan dahaga. Umat ​​Islam yang menjalankan puasa diharuskan menahan lapar dan dahaga lebih dari 13 jam. 

Untuk menuntaskan puasa kalian, kamu butuh tips menahan lapar dan haus saat berpuasa.

 Tips menahan lapar dan haus ini bisa membuat para detikers lebih kuat dalam berpuasa saat beraktivitas seperti biasa. Apa saja tips menahan lapar dan haus saat berpuasa? Berikut Saya sajikan daftarnya! 

7 Tips Mengatasi Lapar dan Haus 

Melansir situs resmi Universitas Islam An Nur Lampung, ada 7 tips yang perlu Anda terapkan untuk bertahan hingga berbuka puasa. Berikut daftarnya! 

1. Sahur Sebelum melaksanakan puasa,
 Kalian wajib melaksanakan sahur. Meluangkan waktu sahur bisa membuat tubuh menahan puasa hingga berbuka puasa. 

2. Minum Air yang Cukup
 Pada hari normal, tubuh diharuskan mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Namun kalian, saat berpuasa jadwal minumnya berubah. Bagi detikers yang ingin puasa total, perlu menerapkan strategi rutin minum 8 gelas. Misalnya minum 4 gelas sebelum sahur dan 4 gelas sesudah sahur. 

3. Makan Makanan Kaya Serat 
Manfaat makanan kaya serat bagi tubuh sangat banyak. Salah satu manfaat mengonsumsi makanan kaya serat adalah menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil. Jika tubuh detikers memiliki kadar gula yang cukup, maka akan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih kuat. Tubuh para detikers juga akan terasa kenyang lebih lama. 

4. Mengurangi Konsumsi Kafein
 Suka minum kopi? Kopi mengandung kafein. Mengkonsumsi kafein dapat membuat tubuh lebih cepat haus. Tidak hanya para detikers kopi, minuman seperti cola soda, teh, minuman coklat, minuman berenergi, dll mengandung kafein. Jadi, Anda harus selektif! 

5. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Protein 
 Tak hanya kaya serat, mengonsumsi makanan yang mengandung protein sangat dianjurkan dalam menjalankan puasa agar kenyang. Dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung protein bisa didapatkan dari ikan, telur, kacang-kacangan, dll. 

6. Tidur yang Cukup Pastikan kalian cukup tidur. 
Tidak hanya membuat Anda mengantuk. Menjaga waktu tidur juga membuat tubuh tetap fit. Selain itu, metabolisme tubuh menjadi lebih lama untuk menahan rasa lapar. 

7. Kelola Aktivitas Berlebihan 
Perlu dicatat, konsumsi metabolisme tubuh selama puasa turun drastis. Namun, aktivitas seperti biasa tetap harus dilakukan. Jika detikers melakukan aktivitas berlebihan, maka tubuh akan lebih cepat lelah. Alhasil detikers mudah lapar dan haus.